Subscribe Us

header ads

Manfaat Minyak Bunga Kamboja, Minyak Esensial dengan Wangi yang Menenangkan


Bunga kamboja memiliki ciri khas berupa warna cerah dengan aroma yang kuat. Namun, keunikannya tidak berhenti sampai di situ. Bunga kamboja juga kerap diolah menjadi minyak esensial dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Simak informasi berikut untuk mengetahui beragam manfaat tersebut.

Khasiat minyak bunga kamboja

Bunga kamboja adalah tanaman yang banyak ditemukan di Amerika Tengah, Meksiko, Kepulauan Karibia, serta wilayah tropis lainnya termasuk Indonesia. Tanaman ini secara global dikenal sebagai frangipani, sementara nama ilmiahnya adalah Plumeria.

Meski belum sepopuler minyak esensial lainnya, berikut adalah beberapa manfaat yang diyakini terdapat pada minyak bunga kamboja.

1. Meredakan nyeri saat persalinan
Nyeri selama bersalin biasanya diatasi dengan meminum obat. Padahal, pijatan dengan minyak esensial dapat menjadi cara alternatif untuk meredakan nyeri. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi dalam International Journal of Therapeutic Massage & Bodywork.

Para wanita bersalin dalam penelitian tersebut awalnya merasakan nyeri dengan tingkat keparahan 7-9 (nyeri parah). Setelah dipijat dengan minyak bunga kamboja, lebih dari setengahnya mengalami penurunan nyeri hingga skala 4-6 (nyeri sedang).

2. Membantu kelancaran proses persalinan
Manfaat minyak bunga kamboja bagi ibu bersalin tidak hanya untuk meredakan nyeri. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa minyak esensial ini memiliki aroma khas yang dapat mengurangi perilaku agresif serta meringankan keletihan fisik dan mental.

Wanita yang mendapatkan pijatan menggunakan minyak bunga kamboja cenderung lebih tenang saat menghadapi proses persalinan. Hasilnya, persalinan berjalan lancar sehingga mereka tidak harus menghadapi persalinan lama yang lebih berisiko.

3. Meredakan stres dan memberikan rasa rileks
Saat Anda menghirup aroma minyak bunga kamboja, senyawa geraniol, citronellol, dan linalool di dalamnya akan berikatan dengan reseptor hidung. Sinyal-sinyal tersebut lalu diteruskan ke hipotalamus pada otak guna meredakan stres.

Anda pun bisa memperoleh manfaat ini dengan mengoleskan minyak bunga kamboja langsung pada kulit. Senyawa di dalamnya akan berikatan dengan steroid, lalu memicu produksi enkephalin dan hormon endorfin yang memberikan rasa rileks serta mengurangi cemas.

4. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Minyak bunga kamboja merupakan astringen alami bagi kulit. Pada produk perawatan kulit dan kosmetik, astringen adalah bahan yang mampu membersihkan dan melembapkan kulit, mengencangkan pori-pori, meredakan peradangan, serta mengurangi minyak berlebih.

Kebanyakan astringen pada produk komersial biasanya mengandung alkohol sehingga tidak cocok bagi jenis kulit tertentu. Dengan mengoleskan minyak bunga kamboja, Anda dapat memperoleh khasiat astringen tanpa perlu khawatir akan efek sampingnya.

5. Sumber antioksidan
Manfaat lain dari minyak bunga kamboja adalah menjadi sumber antioksidan bagi tubuh Anda. Beberapa senyawa antioksidan yang banyak terdapat pada minyak esensial ini antara lain flavonoid, alkaloid, dan tannin.

Fungsi utama dari ketiganya adalah menjaga sel-sel tubuh Anda dari radikal bebas. Dengan demikian, sel-sel tubuh terlindungi dari risiko mutasi, peradangan, kerusakan, hingga pembentukan tumor dan kanker.

Minyak bunga kamboja memiliki manfaat yang amat beragam. Sayangnya, minyak esensial ini masih jarang digunakan. Agar Anda dapat memperoleh ragam manfaat tersebut, coba jadikan minyak bunga kamboja sebagai salah satu pilihan minyak pijat atau aromaterapi.

Post a Comment

0 Comments