Dalam kegiatan diklat Pramuka oleh SMK NU MIFTAHUL HUDA terkesan baik.Dari pembina sendiri harus memutar otak bagaima untuk mendisiplinkan para siswa.

Banyak kendala yang dihadapi yaitu fasilitas kamar mandi yang kurang memadai yang membuat anak-anak kesulitan untuk mandi dan juga banyaknya alasan para siswa yang beralasan ke toilet padahal itu hanya alasan siswa untuk membolos.

Diklat ini bertujuan untuk membentuk karakteristik siswa,kedisiplinan siswa, prestasi dan membuat siswa menjadi lebih mandiri. Cara pembina untuk menertibkan siswa yang tidak tertib dengan cara memberi hukuman atau teguran .kebanyakan siwa yang di langgar adalah dari atribut dan kedisiplinan waktu dan siswa yang berprestasi akan mendapat penghargaan .

Banyak alasan sendiri dari siswa dalam mengikuti acara ini diantaranya menjadi pemimpin yang baik dan mengetahui tentang kepramukaan. Banyak pengalaman yg di ambil oleh para siswa yaitu lebih mandiri, terampil dan berjiwa kepemimpinan.

Dampak siswa setelah mengikuti diklat ini lebih bisa bertanggung jawab serta disiplin. Banyak hal-hal yang di sukai sasat diklat yaitu kebersamaan saat api unggun dan permainan yang dapat menciptakan kekompakan dan acara diklat ini berakhir dengan sukses.